Perbandingan Redmi Note 7 atau Samsung Galaxy M20, Mana Yang Lebih Baik?

Xiaomi membuat kejutan awal tahun ini dengan memperkenalkan merek "rasa baru", yaitu Redmi. Melalui merek ini, muncul smartphone baru yang mampu menarik perhatian banyak pengguna gadget, Redmi Note 7. Ya! Smartphone ini dilengkapi dengan dukungan kamera 48 MP.


Tidak hanya Redmi, Samsung juga membuat kejutan dengan merilis "anggaran smartphone" yang termasuk dalam jajaran keluarga Galaxy M Series. Ada dua model Galaxy M Series yang diluncurkan oleh Samsung, Galaxy M10 dan Galaxy M20.

Tentu saja, dari dua model Galaxy M Series yang diluncurkan oleh Samsung, Galaxy M20 sangat menarik. Anda bahkan bisa mengatakan, ini adalah "amunisi" Samsung untuk menangani Redmi Note 7 di pasar ponsel pintar dengan harga terjangkau. Apakah itu benar? Mari kita tinjau bersama-sama!

Ukuran layar sama, teknologi berbeda

Ditujukan sebagai smartphone kelas menengah ke bawah, Redmi Note 7 dan juga Samsung Galaxy M20 keduanya memiliki ukuran layar 6,3 inci dengan resolusi FullHD +. Rasio aspek yang dimiliki oleh kedua layar smartphone juga sama, yaitu 19.5: 9.

Hanya saja, Redmi Note 7 menggunakan teknologi layar LCD IPS, sementara Samsung lebih percaya mengemas Galaxy M20 dengan layar TFT PLS. Selain itu, Redmi Note 7 telah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5, sementara Samsung merahasiakannya.

Saat berbicara dimensi, Redmi Note 7 memiliki ukuran 159.2 x 75.2 x 8.1 mm, sedangkan Galaxy M20 memiliki ukuran 156.4 x 74.5 x 8.8 mm. Meski begitu, keduanya memiliki bobot yang sama, yaitu berat 186 gram. Tubuh belakang Redmi Note 7 juga telah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Baik Redmi Note 7 dan Samsung Galaxy M20, keduanya dikemas dengan poni minimalis seperti tetesan air. Baik! Poni ini adalah rumah dari kamera depan yang disematkan oleh masing-masing pabrikan.

Snapdragon 660 vs Exynos 7904

Jika memasuki tubuhnya, kita akan melihat bahwa Redmi sangat percaya diri untuk melengkapi smartphone pertamanya dengan chipset Snapdragon 660. Sementara Samsung masih percaya diri dengan chipsetnya sendiri, Exynos 7904.

Kedua chipset diproduksi melalui teknologi fabrikasi 14 nm. Konfigurasi CPU dari Redmi Note 7 adalah Octa-core (4 × 2.2 GHz Kryo 260 & 4 × 1.8 GHz Kryo 260), sedangkan CPU di dalam Galaxy M20 adalah Octa-core (2 × 1.8 GHz Kryo 260 Gold & 6 × 1,8 GHz Kryo 260 Silver).

Jika Snapdragon 660 disertai dengan GPU Adreno 512, Exynos 7904 menggunakan GPU Mali-G71 MP2. Ada tiga pilihan RAM yang ditawarkan oleh Redmi, yaitu 3 GB, 4 GB dan 6 GB. Ketiganya dipasangkan dengan opsi penyimpanan 32 GB dan 64 GB.

Sementara Samsung mengemas Galaxy M20 dengan dua pilihan RAM, yaitu 3 GB dan 4 GB. Untuk 3 GB RAM dipasangkan dengan 32 GB penyimpanan, sedangkan opsi 4 GB RAM dipasangkan dengan penyimpanan yang lebih besar, yaitu 64 GB.

Kedua smartphone ini juga masih dikapitalisasi dengan slot microSD untuk menampung data tambahan. Menariknya, slot microSD yang dimiliki oleh Samsung ini berdedikasi dan dapat menampung data hingga 512 GB, sedangkan yang ada di Redmi Note 7 hanya bisa mencapai 256 GB.

Baik! Ketika berbicara tentang catu daya, kedua smartphone ini dilengkapi dengan kapasitas baterai yang berbeda. Galaxy M20 memang lebih besar, yaitu 5.000 mAh, sedangkan Redmi Note 7 hanya 4.000 mAh. Namun, baterai Redmi Note 7 dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat dan mendukung Quick Charge 4.0.

Dukungan dual-camera belakang

Seperti disebutkan, nilai jual Redmi Note 7 adalah dukungan kamera 48 MP di bagian belakang. Bukan sebagai kamera tunggal, sensor 48 MP yang memiliki aperture f / 1.8 juga dipasangkan dengan lensa sekunder 5 MP yang berfungsi sebagai kamera kedalaman dengan aperture f / 2.4.

Tidak hanya Gahar dengan dukungan dual-kamera di bagian belakang, Redmi juga masih menggeser kamera depan untuk mereka yang suka selfie. Iya nih! Dukungan kamera depan yang dimuat memiliki resolusi 13 MP dan dilengkapi dengan teknologi AI plus fitur HDR.

Jadi, bagaimana dengan dukungan kamera di Galaxy M20? Bisa dibilang, dukungan kamera yang juga dimuat ke smartphone besutan Samsung juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Di belakang ada dua kamera dengan konfigurasi 13 MP, f / 1.9 + 5 MP (ultra wide).

Di bagian depan, Samsung juga memperkaya Galaxy M20 dengan kamera depan yang memiliki sensor 8 MP dengan aperture f / 2.0. Untuk membuat selfie yang menarik, Samsung juga memiliki fitur Selfie-focus dan In-Display flash.

Harga dan ketersediaan

Hingga saat ini, Redmi belum mengumumkan apakah Redmi Note 7 akan dijual di Indonesia atau tidak. Berbeda dengan Redmi, Samsung pertama kali mengemudi. Iya nih! Samsung telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan menjual Galaxy M20 di pasar Indonesia.

Pertanyaannya adalah, kapan Galaxy M20 akan dijual di pasar Indonesia? Segera, atau lebih tepatnya mulai pada 14 Februari 2019. Dijual melalui sejumlah e-commerce terkenal di negara ini, diperkirakan bahwa Galaxy M20 akan dibanderol dengan harga Rp. 2 juta.

Sepertinya Redmi Note 7 nantinya akan masuk ke pasar Indonesia, mulai dari Rp2 juta. Ini karena, di rumahnya sendiri, yaitu di China, Redmi menjual Redmi Note 7 mulai dari Rp. 2 juta untuk model ROM 3 GB + 32 GB.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel